Cara membuat icon blog sederhana menggunakan photoshop




Cara membuat icon blog sederhana menggunakan photoshop – Jika ada pertranyaan mengenai cara membuat icon blog, maka artikel ini adalah jawabannya. Dulu sempat terbesit pertanyaan dalam benak saya, apakah saya bisa memasang icon blog buatan saya sendiri? Dan setelah saya coba ternyata bisa, bahkan orang yang sama sekali tidak punya keahlian desain grafispun bisa membuatnya.


Perlu diketahui bahwa icon blog adalah symbol dari blog, maka dari itu serasa wajib menggunakan icon sendiri, apakan anda pernah melihat blog dengan domain tingkat atas (TLD) menggunakan icon blog asli blogger atau blogger? mungkin ada tapi sangat jarang, karena ketika blog masih menggunakan icon bawaan akan terlihat seperti blog murahan, hal ini akan terlihat wajar, jika yang memakai icon blog bawaan adalag blog dengan custom domain (blogspot, worpress dll), tapi akan berkesan beda jika blog yang sudah menggunakan domail TLD yang memakai icon bawaan tersebut.
Selain untuk kelihatan berkelas, masih banyak kelebihan dari menggunaka icon blog sendiri, seperti sebagai ciri khas, pemasaran symbol blog dll. Pernah ada yang menganalogikan bahwa blog seperti halnya perusahaan. Domain adalah nama perusahaan, sedangkan hosting adalah kantornya. Jika demikian, bukankah perusahann juga memiliki symbol atau logo dari perusahaan tersebut? Kalau begitu lantas kenapa masih sangat banyak blog yang menggunakan icon blog bawaab blog tersebut?
Nah, jika anda masih tertarik  memiliki icon blog buatan anda sendiri, maka berikut adalah langkah-langkah membuat icon blog sederhana menggunakan adobe photoshop:

Langkah-langkah membuat icon blog sederhana menggunakan photoshop

Langkah pertama untuk membuat icon blog
Buka photoshop anda, disini saya menggunaka aplikasi adobe photoshop CS3 dan tenang saja untuk anda yang menggunakan adobe photoshop versi lain. Karena fiturnya tidak jauh beda.

Langkah kedua untuk membuat icon blog
buat lembar baru klik File > New atau bisa langsung menekan Ctrl+N pada keyboard PC anda, kemudian isikan seperti gambar di bawah ini:




Keterangan:

Name: Icon Blog

Preset: Custom

Width: 160 pixels

Height:: 160 pixels

Resolution: 72 pixels/inch

Color mode: RGB Color 8 bit

Banckgound contents: Transparent

Langkah ketiga untuk membuat icon blog
Membuat seleksi berbentuk lingkaran. Jika dalam postingan sebelumnya yaitu cara membuat efek bayangan samping pada foto saya melakukan seleksi menggunkan Magnetic Lasso Tool, maka disini saya menggunakan Elliptical Marque Tool.




Kurang lebih hasil seleksinya seperti gambar di bawah ini:





Langkah keempat untuk membuat icon blog
Memberikan warna pada lingkaran tersebut menggunakan Paint Bucket Tool  dan warna dari pallet dengan warna yang anda inginkan, disini saya menggunaka warna kuning



Jika sudah, maka hasilnya akan seperti ini:




Langkah kelima untuk membuat icon blog
Klik kanan pada layer Icon blog (lihat pada kanan bawah) kemudian pilih blending options, lalu centang inner shadow. Untuk pengaturannya lihat pada gambar di bawah ini:





Keterangan:
Blend Mode: Multiply (warna hitam)
Angle: 120 derajat (centang Use Global Light)
Distance: 0
Choke: 0
Size: 8
Noise: 0

Langkah keenam untuk membuat icon blog
Buat huruf  menggunakan Horizontal Type Tool  dan gunakan Font Algerian, jika sudah langsung saja atur ukuran hurufnya dengan cara tekan Ctrl+T dan tarik pojoknya sambil menekan Shift.




Buat huruf lagi dengan cara yang sama, kemudian sejajarkan kedua huruf tersebut, kurang lebih hasilnya akan seperti ini:





Langkah terakhir untuk membuat icon blog
Simpan gambar tersebut dengan cara klik File > Save As kemudian pilih format PNG untuk menyimpannya.

Dan selesai………

Bagaimana, mudah bukan?
Demikian artikel dengan judul Cara membuat icon blog sederhana menggunakan photoshop dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar pada kolom komentar yang telah disediakan.
Terima kasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya

No comments:

Post a Comment