Cara mencegah dan menghilangkan komedo dengan alami




Cara mencegah dan menghilangkan komedo dengan alami - Bagimana cara mencegah atau menghilangkan komedo? Stelah sebelumnya saya membuat postingan tentang cara menghilangkan jerawat dengan mudah. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mencegah datangnya komedo dan cara menghilangkan komedo dengan alami, yaitu cara yang tidak berbahaya untuk kesehatan kita.



Sebelum kita membahas mengenai cara mencegah dan menghilangkan komedo secara alami. Maka, alangkah lebih baiknya kita bahas mengenai komedo itu sendiri, selain jerawat, masalah yang sering wajah kita hadapi adalah komedo, komedo sendiri merupakan penyumbatan pada kulit yang tertutup maupun yang terbuka. Komedo yang terbuka (blackhead) yang terlihat seperti pori-pori yang membesar juga menghitam, sedangkan komedo yang tertutup (whitehead) seperti terdapat kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat, sehingga terlihat seperti terlihat seperti tonjolan berwarna putih kecil. Selain kedua jenis itu, biasanya komedo juga terlihat berwarna kekuningan.

Komedo biasanya muncul di area tertentu, biasanya di dekat hidung dan juga dekat mata. Kita sebaiknya tidak membiarkan komeda di wajah kita, karena komedo jika dibiarkan akan berkembang  menjadi jerawat yang dikenal dengan papul atau puspule. Keberadaan komedo pada wajah kita tentu akan sangan mengganggu, karena dapat mengurangi daya tarik kita juga menghilangkan rasa percara diri kita. Komedo secara umum  biasanya muncul pada saat sebelum dan setelah pubertas, ketika kadar hormone menghasilkan sabum yang berlebihan.
Sebelum kita membahas cara menghilangkan komedo dengan alami, maka ada baiknya kita mengetahui juga cara mencegah datangnya komedo, yah seperti kata pepatah “mencegah lebih baik dari pada mengobati”.

Berikut ada beberapa hal yang harus kita hindari untuk mencegah datangnya komedo:

1. Gorengan
Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat sensitive dan juga sangan dipengaruhi pola makanan kita, gorengan merupakan makanan favorit kebanyakan orang. Namun tanpa disadari hal ini akan menyebabkan komedo, coba bandingkan antara orang suka makan gorengan dan tidak. Untuk menghindari jerawat maka gantilah makan gorengan dengan mengkonsumsi buah dan juga sayursayuran. Hal ini akan membuat kulit kita tetap sehat dan juga terhindar dari komedo.

2. Wajah Kotor
Kebanyakan orang setelah capek pulang kerja atau aktivitas lainnya membiarkan wajahnya tetap kotor dan langsung menjalani aktivitas rumah atau bahkan tidur, tanpa memperdulikan akibat dari wajah yang kotor itu sendiri, padahal menumpuknyakotoran di wajah akan membuat kulit kita tersumbat. Hal ini kemungkinan besar akan menyebabkan jerawat tumbuh di wajah kita.

3. Merokok
Kebanhyakan orang hanya mengetahui merokok merusak kesehatan tubuh, namun banyak orang tidak mengetahui bahwa merokok juga menyebabkan datangnya komedo. Asap rokok yang mengandung psrtikel halus berbahasa bagi kesehatan kulit wajah kita, selain meyebabkan komedo dan jerawat merokok juga menyebabkan kulit kita menjadi lebih cepat keripu.

4. Alkohol dan Kafein
Kegiatan mengkonsumsi alkohol dan kafein secara terus menerus, selain dapat menimbulkan berbagai efek samping pada tubuh kita, juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Alkohol yang menyebabkan pola tidur  kacau dan hal ini berakibat pada terganggunya kesehatan kulit wajah kita. Sedangkan kafein mampu merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi berkali lipat sehingga hidung kita akan berminyak dan dapat menimbulkan munculnya komedo.

5. Hormon Tidak Stabil
Kadar hormon setiap orang berbeda-beda, dan beberapa orang di antaranya memiliki hormon yang tidak stabil. Seseorang yang memiliki kadar hormon testosteron tinggi lebih akan mudah terkena komedo. Hal ini dikarenakan aktifnya kelenjar sebaceous yang menyebabkan sabum berproduksi secara berlebihan. Seperti dijejaskan di awal bahwa sabum yang berproduksi secara berlebihan akan menyebabkan munculnya komedo.

6. Malas Keramas Rambut
Keramas rambut sepertinya tidak berpengaruh terhadap wajah, namun sebenarnya  ini dapat menyebabkan komedo juga. Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih akan mengalir ke wajah pada saat terkena air atau sedang berkeringat dan bercampur dengan bakteri juga kotoran. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori pada wajah dan dapat menimbulkan datangnya komedo.

7. Make up Berlebihan
Bagi kesehatan wanita, menggunakan make up yang berlebihan memang dapat menimbulkan beberapa resiko kesehatan. Selain dapat menyebabkan iritasi akibat penggunaan bahan kimia yang berlebihan di wajah, make up dapat menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan datangnya komedo.

Setelah dipaparkan diatas mengenai beberapa hal yang harus dihindari untuk mencegah datangnya komedo, maka berikut ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mencegah datangnya jerawat:

Hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah komedo
1. Mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih minyak atau pembersih jerawat.
2. Hindari rokok dan polusi yang berlebihan, pakailah masker pada saat di luar.
3. Menggunakan make-up, lotion dan wajah pembersih yang diperuntukkan untuk wajah berminyak.
4. Hapus bersih make-up anda sebelum tidur dengan air hangat.
5. Mengurangi asupan makanan berminyak, seperti cokelat, makanan goreng, dan fast food.
6. Mengkonsumsi makanan yang mengandung beta-karotin.


Baik, setelah kita mengetahui cara mencegah munculnya komedo, maka berikut ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo dengan alami:

Cara Menghilangkan Komedo dengan Alami

1. Menghilangkan komedo menggunakan Pala
Salah satu cara menghilangkan komedo di hidung secara alami adalah dengan menggunakan buah pala. Buah pala bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan apabila dicampur dengan air susu dapat menghilangkan komedo, karena campuran bahan ini mengandung asam laktat yang bisa memecah sel-sel kulit mati saat membilas wajah. Caranya cukup dengan mencampur bubuk pala dan susu hingga campuran itu berbentuk seperti pasta. Bersihkan dahulu wajah anda menggunakan air bersih dan oleskan campuran itu di hidung yang berkomedo. Oleskan secara lembut dan biarkan hingga kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat agar pori-pori tidak tertutup.

2. Menghilangkan komedo menggunakan Gelatin dan Susu
Gelatin dan susu mampu membuat scrub yang lengket dan juga mampu menarik komedo di hidung. Untuk melakukannya hal itu cukup campurkan 1 sendok makan bubuk gelatin tanpa rasa dengan 1,5 sendok makan susu bubuk ke dalam mangkok anti panas. Setelah itu masukkan mangkok tersebut ke dalam microwave selama 10 detik. Oleskan scrub gelatin dan susu tersebut ke area yang berkomedo menggunakan kuas. Diamkan kurang lebih 10 menit hingga scrub mengering. Lepaskan secara perlahan scrub tersebut dan anda akan mendapatkan wajah bersih tanpa komedo.

3. Menghilangkan komedo menggunakan Madu
Madu berkhasiat menghilangkan komedo pada wajah, karena madu dapat melembabkan kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka gunakan madu yang berkualitas baik. Madu berkualitas baik ditandai dengan teksturnya yang lengket dan berwarna pekat. Cukup meletakkan madu ke jari anda dan usapkan di hidup yang berkomedo. Madu akan membuat komedo menempel dan tertarik saat membersihkannya. Lakukan hal ini sampai madu mengering di area yang berkomedo dan terakhir bilas menggunakan air bersih.

4. Menghilangkan komedo menggunakan Teh Hijau
Teh hijau selain dapat menenangkan pikiran, juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo di wajah. Hal ini dikarenakan teh hijau kaya akan kandungan nutrisi antioksidan yang dapat membuat wajah menjadi sehat. Caranya cukup campurkan teh hijau dan air hangat, tunggu beberapa saat hingga dingin dan oleskan air teh hijau di hidung yang berkomedo. Terakhir adalah bilas dengan air hangat.

5. Menghilangkan komedo menggunakan Putih Telur
Cara menghilangkan komedo di wajah secara alami dan efektif namun yang kurang disukai orang karena baunya adalah dengan menggunakan putih telur. Tapi jika tidak ada cara lain yang dapat anda tempuh, maka silahkan anda mencoba cara ini. Caranya bersihkan wajah terlebih dahulu hingga bersih, kemudian oleskan putih telur secara merata di area yang berkomedo menggunakan jari. Tunggu hingga kering lalu oleskan lagi untuk menjadi lapisan kedua. Diamkan kurang lebih 15 menit hingga mengering, kemudian lap wajah menggunakan kain basah hangat sampai bersih.

6. Menghilangkan Komedo Menggunakan Lemon
Lemon memang sudah terkenal untuk meyehatkan dan mencerahkan kulit. Anda juga bisa menghilangkan komedo di hidung secara alami menggunakan lemon dengan cara mengoleskan potongan lemon ke hidung yang berkomedo. Atau anda juga bisa mencampurkan air jeruk lemon dengan minyak almond dan gliserin. Oleskan campuran ini ke hidung yang berkomedo secara merata. Tunggu hingga 5 menit sampai meresap dan bilas dengan air bersih.

7. Menghilangkan Komedo Menggunakan Kayu Manis
Kayu manis terkenal sebagai bumbu masakan, namun juga dapat digunakan sebagai bahan alami penghilang komedo. kita cukup mencampurkan satu sendok teh bubuk kayu manis, air jeruk lemon dan bubuk kunyit. Setelah campuran itu merata, saatnya oles di hidung yang berkomedo. Diamkan sejenak kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

8. Menghilangkan komedo dengan Lidah Buaya
Gel lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo. Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris menjadi dua bagian. Ambil lendir atau gelnya dan oleskan pada area hidung maupun wajah yang berkomedo. lakukan secara rutin 1-2 kali sehari sampai komedo anda tak nampak kembali. Jika gel yang dihasilkan dirasa kurang, anda juga bisa memblender/juice potongan lidah buaya tersebut.

9. Menghilangkan komedo menggunakan uap air panas
Nah, biasanya jika anda sedang merebus air, maka manfaatkanlah uap air panasnya untuk menghilangkan komedo anda. Selain itu cara efektif lainnya adalah dengan menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut, kemudian tunggu sampai mendidih, lalu uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5-10 menit lamanya. Untuk lebih maksimal, tutup kepala anda dengan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah anda di depan air panas yang ditaruh di baskom. Metode ini juga bagus untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan batuk flu.

10. Menghilangkan komedo dengan Pasta Gigi
Pasta gigi atau biasa disebut odol juga kerap digunakan untuk menghilangkan jerawat besar atau jerawat batu, tapi selain itu, kandungan fluoride pada sikat gigi ini ternyata juga bisa membantu menghilangkan komedo, yakni bisa dilakukan dengan cara mengolesi bagian hidung yg berkomedo, diamkan beberapa saat lalu cuci bersih dengan air.

11. Menghilangkan komedo dengan Kacang Kedelai
Selain digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat tempe, kacang kedelai juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo, caranya sangat mudah yakni dengan menjadikan kedelai tersebut sebagai jus, lalu usapkan pada wajah, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

12. Menghilangkan komedo dengan Lobak
Lobak adalah sayuran sejenis wortel, dan terkenal ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan komedo, tentu saja dengan menjadikan lobak sebagai masker wajah, dimana Perawatan ini boleh dilakukan seminggu sekali.

14. Menghilangkan komedo dengan Es Batu
Selain semua cara diatas, anda juga bisa menggunakan metode terapi es batu untuk menghilangkan komedo, caranya sangat mudah, yakni dengan menggosok-gosokkan es batu secara perlahan dan merata pada wajah, tujuannya adalah untuk memperkecil lubang pori pada hidung sehingga mencegah adanya komedo, dan untuk hasil yg lebih maksimal di anjurkan membersihkan wajah terlebih dahulu dengan krim pembersih wajah.

Nah, itu adalah beberapa cara untuk mencegah dan menghilangkan komedo, karena cara ini alami tanpa ada efek samping, maka bisa dilakukan dengan sering untuk menghilangkan komedo, Sekian mengenai cara mencegah dan menghilangkan komedo, semoga bermanfaat. Terima Kasih….

12 comments:

  1. ada juga ya cara alaminya, mntap gan

    ReplyDelete
  2. mksh info nya mas, jadi bisa langsung praktek nih

    ReplyDelete
  3. wah ketemu juga nih cara alaminyaa,nice info gan

    ReplyDelete
  4. Wah ini yang saudara saya cari. ijin bookmark dulu.

    ReplyDelete
  5. waahh lengkap bgt nih penjelasannya.. thanks

    ReplyDelete
  6. Boleh dicoba nih gan menghilangkan komedo menggunakan es batu. nice gan

    ReplyDelete
  7. saya jerawatan nih, ijin nyoba ya bang

    ReplyDelete
  8. wah, sangat bermanfaat nih mas, nice artikel :)

    ReplyDelete
  9. bisa nih untuk saya praktikkan nanti malam
    thank info nya mas

    ReplyDelete
  10. patit dicoba nih thank artikelnya

    ReplyDelete