9 cara alami mengatasi rambut rontok



9 cara alami mengatasi rambut rontok – bagaimana cara mengatasi rambut rontok? Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Sembilan cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami.


Berbicara mengenai rambut rontok ini adalah suatu yang wajar, rata-rata orang dan terutama wanita kebanyakan mengalami masalah ini, setidaknya rambut kita akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai, sedangkan jumlah rambut kita sendiri dapat mencapai 100 ribu helai. Seperti yang kita ketahui bersama rambut menjadi sangat berharga untuk seseorang yang menjaga penampilan, apalagi seorang wanita “Rambut adalah mahkota”, maka dari itu jangan membiarkan rambut rontok, karena dapat menyebabkan kebotakan.

Setiap orang mengalami tiga fase pada rambutnya, yaitu: pertumbuhan, istirahat dan kerontokan. Setelah kerontohan maka akan kembali lagi ke fase awal yaitu pertumbuhan, karena rambut rontok hanya sampai pada umbi. Sedangkan papil dan bibit di bawahnya sudah menyiapkan pengganti rambut yang rontok.


Saat ini sudah sangat banyak produk perawatan rambut, termasuk produk untuk mengatasi rambut rontok, namun masih banyak orang lebih memilih menggunakan cara alami untuk mengatasi rambut rontok, mungkin karena khawatir akan efek sampingnya jika menggunakan produk kesehatan yang banyak mengandung bahan kimia.


Banyak hal yang menyebabkan rambut kita mengalami kerontokan. Diantaranya adalah karena polusi, kurang nutrisi, paparan sinar matahari, faktor hormon, stres, pemakaian bahan kimia, dan sebagian orang mengalami rambut rontok dikarenakan mengindap penyakita tertentu.

Berikut adalah beberapa cara alami mengatasi rambut rontok:

Cara alami mengatasi rambut rontok:

1. Mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya
kandungan ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan secara cepat dan alami. Kandungan didalamnya, bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan sera membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Untuk cara penggunaannya adalah: basahi rambut kemudian usapkan lendir yang terdapat pada bagian dagiang lidah buaya hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, setelah itu cuci rambut sampai bersih, lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk menjaga rambut tetap sehat.

2. Mengatasi rambut rontok dengan Kemiri
Minyak kemiri memang sudah terkenal dari zaman dahulu, biasanya juga dipakai menumbuhkan kumis maupun jenggot. Resep ini sudah dipakai dari orang tua kita zaman dahulu dan hasilnya terpercaya sampai sekarang. Kandungan minyak kemiri dapat menjadikan rambut lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala. Cara menggunakannya yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut hingga merata. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut menjadi bersih.

3. Mengatasi rambut rontok dengan Buah alpukat
Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat., buah alpukat ini terkenal akan protein dan protein sangatlah baik untuk pertumbuhan rambut, tidak heran alpukat juga sering dipakai sebagai bahan utama untuk creambat maupun perawatan wajah.  kita dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker rambut, karena kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut kita. Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Caranya cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih.

4. Mengatasi rambut rontok dengan Yogurt
Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Caranya sangat mudah, anda dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.

5. Mengatasi rambut rontok dengan Minyak esensial
Beberapa minyak esensial yang terbukti dapat mengatasi rambut rontok yakni seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak kelapa. kita dapat membalurkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala secukupnya dan lakukan juga pemijatan. Penerapan secara rutin 2 kali dalam seminggu dapat memberikan hasil yang maksimal.
 
6. Mengatasi rambut rontok dengan Bawang putih
Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. kita tinggal haluskan bawang putih dengan blender, seperti dijadikan jus. Kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. kemudian paginya tinggal kita membilasnya dengan air ataupun langsung ditambah dengan shampoo penumbuh rambut akan lebih terasa efeknya. (untuk shampoonya disesuaikan dengan keinginan anda)

7. Mengatasi rambut rontok dengan Teh hijau
Teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Cara mengolahnya juga gampang yaitu dengan cara, seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

8. Mengatasi rambut rontok dengan Jahe
Jahe juga dapat mengatasi rambut rontok, caranya hampir sama seperti menggunakan bawang putih. Atau juga dapat kita kombinasikan keduanya dicampur dalam 1 blender. Kemudian oleskan pada rambut anda, Kemudian keramas hingga bersih.

9. Mengatasi rambut rontok dengan Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, kita sudah bisa melakukan perawatan rambut yang rontok secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

Nah, demikian pembahasan mengenai 9 cara alami mengatasi rambut rontok, semoga dapat bermanfaan dan terima kasih sudah berkunjung.

4 comments:

  1. wih keren nih gan info cara mengatasi rambu rontoknya thanks udah bebagi

    ReplyDelete
  2. Kadang juga faktor umur yang menyebabkan rontok.. nice info

    ReplyDelete