Cara membuat efek bayangan samping pada foto menggunakan photoshop




Cara membuat efek bayangan samping pada foto menggunakan photoshop – Jika ada yang bertanya apakah bisa menambahkan bayangan pada foto? Maka jawabannya tentu saja bisa, jika ada ada pertanyaan lagi mengenai bagaimana cara membuat bayangan tersebut? maka jawabannya ada pada artikel ini. Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat efek bayangan pada foto menggunakan aplikasi adobe photoshop.

Cara ini biasanya saya gunakan agar foto kelihatan alami setelah saya mengganti background pada foto tersebut dan sekedar informasi bahwa disini saya menggunakan adobe photoshop CS3, akan tetapi jangan kawatir, karena tidak berbeda jauh dengan versi lainnya, baik untuk letak tool maupun kegunaannya.
Untuk kriteria foto yang kita gunakan ada sedikit perbedaan dengan tutorial sebelumnya, yaitu: pertama kriteria umum gunakan foto yang tidak pecah ketika diperbesar, contohnya foto yang diambil menggunakan kamera DLXR biasanya menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. kedua kriteria khususnya, usahakan foto yang kita ambil berdekatan dengan tembok atau background, hal ini untuk hasil yang lebih maksimal.
Oke langsung saja kita masuk pada langkah-langkah membuat efek bayangan samping pada foto menggunakan adobe photoshop:

Langkah pertama
Buka aplikasi adobe photoshop sobat kemudian buka fotonya dengan cara klik File>Open atau bisa langsung menekan ctrl+o pada keyboard.


Saya disini menggunakan foto teman KKN dan satu jurusan di perkuliahan saya, yaitu saudari Fairus yang kebetulan cocok dengan kriteria foto yang saya butuhkan.

Langkah kedua
Jika fotonya sudah dibuka di aplikasi photoshop, maka selanjutnya adalah melakukan seleksi pada foto tersebut, karena kualitas fotonya bagus maka akan mudah untuk membuat seleksi, nah, jika dalam postingan cara menukar wajah di fotomenggunakan photoshop saya menggunakan polygonal lasso tool untuk melakukan seleksi, di sini saya menggunakan magnetic lasso tool seperti pada postingan cara memanjangan dan merapikan rambut di foto menggunakanphotoshop.


Kira-kira hasil seleksinya akan seperti gambar di bawah ini:



Langkah ketiga
Jika seleksi sudah selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah mengcopy layer, yaitu dengan cara klik kanan pada tengah seleksi yang sudah kita buat kemudian pilih Copy Via Layer, maka kira-kira hasil layernya akan seperti gambar di bawah ini:


Langkah keempat
Jika ketiga langkah di atas sudah kita lakukan, maka kita tinggal menambahkan bayangan pada foto tersebut, yaitu dengan cara klik kanan pada Layer 1 kemudian pilih Blending Options.



Kemudian pilih Drop shadow dan untuk pengaturannya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Jika sudah sedah selesai melakukan pengaturannya pada Drop shadow tersebut, maka sekarang adalah memperhalus gambar utama. Pilih Inner Shadow dan atur seperti gambar di bawah ini:




Jika sudah selesai, maka kira-kira hasilnya akan seperti ini:


Langkah kelima
Setelah selesai melakukan kelima langkah tersebut, sekarang kita tinggal menyimpannya klik File>Save As dan untuk menyimpannya pilih format JPG.
Nah, selesai sudah pembahasan artikel cara membuat bayangan di foto menggunakan adobe photoshop kali ini.
Bagaimana, mudah bukan?
Demikian adalah artikel atau tutorial cara membuat efek bayangan samping menggunakan adobe photoshop.
Jika ada kekeliruan maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar pada kotak komentar yang telah disediakan.
Terima kash sudah berkunjung.
Yakin Usaha Sampai……..

No comments:

Post a Comment