Cara Membuat Email di Gmail dengan Dua Langkah Mudah


Mendaftar atau membuat email baru adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan atau bahkan sangat cepat untuk dilakukan, namun bagi yang belum pernah membuatnya mungkin akan terlihat susah. Entah enggan untuk mencoba atau orang yang baru mengenal dunia internet.
Baca Juga:
- Cara mudah mendapatkan bitcoin secara gratis atau tanpa modal 

Email yang paling banyak digunakan di indonesia sendiri ada dua, yaitu Gmail (Email dari google) dan Ymail (Email dari Yahoo). Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Gmail (Email dari google) yang notabene menjadi terbanyak digunakan di indonesia.

Saat ini kegunaan email sendiri sangat banyak, kebanyakan orang menggunakan email sebagai sarana komunikasi, namun tidak sedikit pula yang menggunakan email sebagai alat bisnis dan promosi gratis, misalnya digunakan untuk mengirim berkas penting, gambar, file ms word dan lain sebagainya. Bahkan beberapa orang menggunakan akun email untuk tujuan mencari uang, yakni mempromosikan produk orang lain yang mana setiap ada yang mengunjungi tautan di dalamnya dan melakukan transaksi maka ia akan mendapatkan komisi dari situ dan banyak lagi jenisnya.

Kelebihan email gmail dibanding email yang lain:
  • Untuk membuat blog gratis di blogspot atau blogger 
  • Langsung terhubung dengan akun Youtube 
  • Bisa bergabung dengan jejaring social Google+ 
  • Dan masih banyak lagi, seperti: Google drive dan lain sebagainya.

Langkah-langkah mendaftar atau membuat email di gmail:

Langkah Pertama
Awali dengan mengunjungi tautan ini : https://mail.google.com/ – Pastikan sebelumnya belum pernah membuka email apapun dengan layanan gmail ini agar anda bisa langsung melihat tulisan “Buat Akun” di bagian bawahnya, sesuai dengan gambar:   

Berikutnya kamu akan melihat halaman yang berbentuk form atau kolom-kolom untuk di isi sebagai syarat pendaftaran sebagaimana terlihat di bawah:
 

cara mengisi pendaftaran email google mengisi form gmail


Keterangan:

Nama: Pada bagian ini kamu diminta mengisi nama asli yang terdiri dari 2 kata, yaitu nama depan dan nama belakang yang biasanya dari nama orang tua, kalau bisa usahakan sama dengan KTP agar nanti bisa dipakai untuk keperluan penting.

Pilih nama pengguna anda: silahkan isi dengan menulis alamat email yang kamu inginkan (tanpa gmail.com karena sudah otomatis tertulis). Usahakan pilih yang belum digunakan orang lain sama sekali karena jika telah dipakai alamatnya akan ada pesan berwarna merah bahwa kamu harus mencari alternatif lain. Jika ingin cepat tambahkan angka di belakangnya. Tapi sebaiknya juga yang mudah diingat agar setiap kali ingin login mudah mengetikkannya.

Buat sandi: Ketik password yang akan digunakan login ke akunmu nanti, pastikan dibuat rumit dengan menggabung antara angka, huruf kecil dan besar. Setelah itu catat agar tidak lupa.

Konfirmasi sandi anda: Ketik ulang password yang dibuat di atas, ini gunanya hanya untuk memastikan bahwa sandi yang di buat betul dan tidak ada kesalahan input.

Tanggal lahir: Isi berurut mulai dari tahun, bulan dan tanggal. Untuk tahun ketik manual, tapi bulannya tinggal pilih dengan mengklik tanda panah kecil di sampingnya.

Gender: Silahkan tentukan apa jenis kelaminmu, pria atau wanita, atau jika dibuat dalam bahasa inggris tertulis Male untuk laki-laki dan Female untuk perempuan.

Ponsel: nomor hp kamu yang masih aktif. Ini nantinya digunakan untuk melakukan verifikasi 2 langkah atau hanya sekedar memastikan bahwa yang membuat email adalah manusia dan bukan robot.

Alamat email anda saat ini: Kalau kamu punya email selain Gmail dari google, seperti Yahoo, Hotmail dan lainnya maka silahkan masukkan untuk jaga-jaga kalau nantinya kamu lupa dengan akunmu, tapi ini bisa juga tidak diisi kalau memang sama sekali belum punya akun.

Buktikan bahwa anda bukan robot: Kalau kamu centang bagian bawahnya yang bertuliskan “Lewati verifikasi ini…” berarti memilih langkah verifikasi dengan handphone yang mana nanti kodenya akan dikirim via sms ke hpmu, sedang jika tidak dicentang maka harus mengisi kode captah (gabungan angka dan huruf) yang ada di bawahnya sesuai yang terlihat. Jika sulit membaca klik icon ‘refresh’ yang ada di samping kolom ‘Ketik teks’ atau bisa juga dengan mendengar suara dengan mengklik icon microfon. Usahakan sesuaikan persis dengan yang tertulis di atasnya, terutama huruf besar dan kecilnya harus sama.

Lokasi: Pilih sesuai negara, dalam hal ini Indonesia.

Centang tulisan “Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google” Anda bisa membaca apa saja kebijakan yang dimaksud dengan mengklik tulisan biru yang ada, tapi bisa juga tidak. Namun, agar paham semua aturan penggunaan soal ini maka sebaiknya dilihat dulu. Caranya klik sambil menekan tombol Ctrl di keyboard agar terlihat di halaman lain.

Tekan tombol biru bertuliskan “Langkah berikutnya” untuk mengakhiri proses awal pendaftaran email baru ini.

Selamat Email anda sudah jadi, silahkan klik Lanjutkan ke Gmail untuk membuka email anda.

Oke demikian artikel Cara membuat Email di Gmail dengan DuaLangkah Mudah, dan semoga bermanfaat, anda bebas menyebarluarkan artikel ini dengan tetap mencantumkan sumbernya.
Sekian dari saya, terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk berkunjung.

No comments:

Post a Comment