Cara memutihkan wajah dengan alami






Cara memutihkan wajah dengan alami – bagaimana cara memutihkan wajah? Pada postingan yang berjudul cara memutihkan wajah dengan alami ini kita akan membahas cara memutihkan wajah dengan beberapa bahan alami yang tentunya tidak berbahaya bagi kesehatan.


Wajah putih tentu merupakan impian banyak orang, terutama kaum hawa. selain membuat kita lebih percaya diri, memiliki wajah putih merupakan bentuk rasa syukur kita terhadap karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada makhluk-Nya.
Seperti yang kita ketahui, untuk memutihkan wajah sendiri ada beberapa cara yang di antaranya adalah memutihkan wajah menggunakan bahan kimia dan memutihkan wajah menggunakan bahan alami. Untuk cara memutihkan wajah dengan bahan kimia sendiri mungkin akan lebih cepat, namun tidak jarang memakai cara tersebut akan banyak menguras uang kita dan sering pula ada efek sampingnya yang tentu berbahaya bagi kesehatan kita.
Nah, pada postingan kali ini kita membahas cara memutihkan wajah dengan alami, memang jika kita menggunakan cara alami ini kita harus sedikit bersabar karena membutuhkan waktu yang relatif tidak sebentar, namun tentunya tidak memberikan efek samping yang membayakan kesehatan kita.
Sebelum kita membahas cara memutihkan wajah dengan alami, maka alangkah baiknya kita mengetahui penyebab kulit wajah yang tidak putih. Secara umum kulit wajah tidak putih dapat disebabkan oleh dua faktor.

Faktor Penyebab kulit wajah tidak putih

Faktor genetik
Faktor genetik disini maksudnya adalah faktor keturunan. Dengan kata lain, jenis kulit yang diturunkan oleh keluarga kita sendiri. Misalnya keluarga kita mempunyai kulit putih, maka besar kemungkinan kita juga memiliki kulit putih. Jika penyebabnya adalah karena faktor genetik, maka akan sedikit sulit. Karena memang sudah dari sananya, alias bawaan sejak lahir (mohon maaf admin tidak bermaksud rasis, karena pada dasarnya semua orang itu sama). Meskipun begitu, bukan berarti kita harus berputus asa. Selama masih bisa, kita harus tetap mencoba. Tetap semangat.

Faktor pola hidup dan pola makan
Penyebab yang kedua yaitu karena pola hidup dan pola makan kita yang tidak teratur. Pola hidup yang tidak teratur misalnya, jorok, jarang cuci muka apalagi mandi, sering begadang dsb. Sedangkan pola makan yang tidak teratur misalnya, terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dan sebagainya.
Nah, sekarang kita harus introspeksi diri, faktor mana yang menyebabkan kulit wajah kita tidak putih, apakah factor genetik? Atau factor pola hidup dan pola makan? Jika memang karena pola hidup dan pola makan yang tidak teratur, berarti mulai saat ini kita harus mulai pola hidup dan pola makan yang sehat, seperti lebih sering cuci muka, mandi dan kurangi makan makanan yang mengandung minyak.

Tips memutihkan kulit dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Jalani pola hidup dan pola makan yang sehat
Salah satu penyebab mengapa kulit hitam dan kusam adalah karena pola hidup kita sendiri yang tidak teratur. Jarang teratur, makan tidak teratur, tidur tidak teratur dan sebagainya. Jika kita ingin memiliki kulit putih dan sehat, mulai sekarang belajarlah untuk menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat dan teratur

Cukupi kebutuhan mineral dalam tubuh
Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Untuk itu, kita harus mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh kita. Caranya dengan banyak mengkonsumsi air putih, minimal 8 gelas tiap harinya. Walaupun terlihat sepele, memperbanyak minum air putih akan memberikan segudang manfaat untuk tubuh kita.

Menjaga Kebersihan Kulit Secara Teratur
Kulit kering dan kusam? Hal tersebut, bisa saja terjadi karena kita kurang pandai menjaga kebersihan kulit. Selepas beraktivitas sepanjang hari, minyak, debu, kotoran dan bakteri akan bercampur dan menempel pada permukaan kulit. Sehingga jika dibiarkan, akan menyumbat pori-pori kulit dan akan membengkak (menjadi jerawat). Maka dari itu, mulai dari sekarang kita harus belajar membiasakan diri untuk lebih rajin dalam menjaga kebersihan kulit secara teratur terutama di pagi dan malam hari.

Hindari Asap Rokok
Asap rokok dapat membuat kulit menjadi rusak dan mempercepat proses pengkriputan. Jika anda seorang perokok, usahakan untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok. Karena selain dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, rokok juga dapat memicu penyakit berat lainnya.

Hindari Stress
Apa hubungannya stres dengan kulit wajah? Eits, jangan salah stress juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, salah satunya yaitu menimbulkan jerawat. Untuk itu, usahakan agar kita terhindar dari yang namanya stress. Cara yaitu dengan tidak menunda-nunda pekerjaan, luangkan waktu untuk sekedar refreshing. Untuk tips lainnya kamu bisa cek artikel tentang cara mengatasi stress.
Setelah di atas kita membahas dua factor penyebab kulit kita tidak putih dan beberapa tips memutihkan wajah dengan pola hidup sehat, selanjutnya adalah giliran kita membahas cara memutihkan kulit wajah dengan alami.

Beberapa cara memutihkan wajah dengan alami

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk wajah. Jeruk nipis juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Cara memakainya adalah dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis dan juga satu butir telur ayam. Jeruk nipis diperas kemudian air perasannya dicampurkan dengan putih telur. Lulurkan campuran tersebut ke wajah anda secara merata. Diamkan kira-kira selama kurang lebih 20 menitan kemudian cuci wajah anda hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

Cara Memutihkan wajah Menggunakan Tomat
Kita bisa mencoba memutihkan wajah dengan tomat. Bagaimana caranya? caranya cukup mudah haluskan buah tomat dengan blender dengan sedikit campuran jeruk nipis. Gunakan cara ini pada malam hari menjelang kita tidur. Bersihkan terlebih dahulu wajah lalu keringkan dengan handuk. Berikutnya oleskan hasil blender tomat tersebut secara merata ke wajah dan sekitar leher, diamkan selam kurang lebih 10 menit, lalu bersihkan dengan air bersih, cukup air dingin tidak perlu air hangat. Lakukan cara ini secara teratur setiap malamnya.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan rambut, tetapi juga berguna untuk kelembaban dan kebersihan wajah. Caranya cukup mudah, potong batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya secara merata di wajah. Diamkan selama 5 s/d 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Kita bisa melakukan cara ini pada pagi dan sore hari secara rutin.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Minyak Zaitun
Kita juga bisa mencoba khasiat dari minyak zaitun. Minyak zaitun sangat berguna untuk menghilangkan flek hitam dan membersihkan sel-sel mati pada wajah, serta melembabkannya. Caranya sederhana, campurkan minyak zaitun dengan sedikit gula pasir. Lalu oleskan secara merata di wajah dengan gerakan memutar seperti halnya kita menggunakan sabun muka. Lakukan selama kurang lebih 5 menit, hati-hati jangan sampai terkena mata, karena akan terasa perih. Kita bisa menjalankan cara ini tiga kali dalam sehari.

Cara Memutihkan Wajah dengan menggunakan Bengkoang
Bengkoang merupakan cara memutihkan wajah secara alami yang paling banyak dilakukan para wanita. Vitamin B dan C yang terkandung dalam bengkoang dapat digunakan untuk memutihkan wajah serta menghilangkan noda hitam pada wajah secara cepat. Caranya adalah siapkan bengkoang secukupnya kemudian kupaslah lalu cuci hingga bersih. Parutlah bengkoang tersebut kemudian peraslah dan ambillah sarinya. Taruhlah air perasan bengkoang tadi ke dalam wadah yang bening dan diamkan kurang lebih selama 20-30 menit. Tunggu sampai terlihat endapan putih, lalu gunakanlah endapan tersebut untuk masker di wajah sampai mengering. Lalu terakhir cuci wajah hingga bersih.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Madu
Madu berkhasiat untuk memutihkan kulit dan sebagai pelembab alami. Madu memiliki sifat anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dalam madu dapat membantu memperlambat penuaan serta menghilangkan bintik hitam di wajah. Caranya: Kita bisa menerapkan madu murni langsung ke wajah, biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit tampak lebih cerah dan segar. Lakukan sekali dalam sehari. Kita juga bisa membuat masker; caranya, campurkan 1 sendok teh madu, jeruk nipis, 1 sendok teh susu bubuk dan 1½ sendok teh minyak almond. Aduk dan terapkan di wajah dengan pijatan lembut. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Susu
Susu adalah sumber yang kaya kalsium. Selain kalsium, susu memiliki fungsi penting dalam mengatur warna kulit kita. Susu bekerja merangsang melanosit, sel-sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. Mengkonsumsi susu membantu mempertahankan hilangnya kelembaban pada kulit. Ini mencegah kulit kering yang dapat mempengaruhi warna kulit menjadi gelap. Susu juga mengandung asam laktat yang mengurangi pigmentasi kulit yang membuat kulit lebih ringan. Caranya: Siapkan susu sapi atau kambing (hangat, tidak perlu panas) – 1 mangkuk dan kain lap bersih. Rendam kain lap ke dalam susu. Ambil kain lap dan peras, gosokkan kain secara lembut pada kulit. Celupkan lagi dan gosok lembut, ulangi proses ini 4 – 5 kali. Jika Kita konsisten, kita akan melihat hasilnya setelah beberapa minggu.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Yogurt.
Yoghurt kaya akan asam laktat dan memiliki sifat pemutih yang memperlakukan hiper-pigmentasi kulit dengan menekan produksi melanin. Asam laktat mengandung alpha hydroxy acids (AHA). AHA berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati serta mencerahkan wajah. Kita bisa membeli yogurt di supermarket. Caranya: Tuangkan yoghurt (polos ya, beli yang tanpa rasa) ke wadah. Oleskan merata diwajah disertai pijatan lembut. Biarkan selama 3-5 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Cara Memutihkan Wajah dengan Menggunakan Beras
Cara memutihkan wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan beras sebagai masker. Beras dapat mengangkat sel kulit mati dan sebagai scrub yang akan membuat wajah lebih bersih. Kita bisa menggunakan butir berasnya atau air endapan beras. Cara membuatnya yaitu dengan mengambil satu genggam beras, rendam dengan menggunakan air minimal 2 jam. Ambil beras dan tumbuk sampai halus, kemudian gunakan sebagai masker. Jika ingin menggunakan air endapan beras, pada saat merendam beras setiap hari jangan buang airnya. Biarkan saja airnya, sampai ada sisa-sisa beras yang mengendap. Endapannya itu yang bisa anda gunakan sebagai masker.

Cara Memutihkan Wajah dengan Menggunakan Mentimun
Mentimun selain dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, juga dapat membuat wajah menjadi lebih putih. Mentimun juga sangat bagus buat kita yang mempunyai wajah berminyak. Cara membuat masker mentimun juga sangat mudah sekali.
Kita bisa menyiapkan satu buah mentimun dan satu gelas susu. Haluskan mentimun sampai keluar air sarinya. Campurkan air sari mentimun dan susu. Masukan ke dalam sebuah botol, dan diamkan beberapa menit ke dalam kulkas supaya terasa segar.
Gunakan setiap hari untuk hasil yang lebih sempurna. Tips memutihkan wajah dengan mentimun ini sudah banyak orang yang menggunakannya.

Cara Memutihkan Wajah dengan Menggunakan Kentang
Cara agar wajah putih yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kentang. Kandungan di dalam kentang hampir sama dengan mentimun. Jika dilakukan secara rutin akan membuat wajah lebih putih bersih.
Caranya ambil 2 buah kentang, kupas dan cuci bersih. Parut sampai halus dan ambil air sarinya. Gunakan air sari kentang tersebut sebelum tidur. Diamkan beberapa menit supaya kering, selanjutnya bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Cara memutihkan wajah dengan buah alpukat
Buah alpukat mengandung vitamin A yang dapat bermanfaat untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Sedangkan asam amino glutamin, dapat melindungi kulit dari polusi, sinar matahari dan efek buruk lingkungan lainnya. Jadi, buah alpukat ini bisa digunakan sebagai pelembab kulit. Caranya : Bersihan wajah dengan air hangat, oleskan daging buah alpukat pada kulit wajah dan diamkan selama kurang lebih 25 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Cara memutihkan wajah dengan menggunakan putih telur
Sudah menjadi rahasia umum, dalam dunia kecantikan putih telur dapat digunakan untuk perawatan kulit. Salah satunya yaitu untuk memutihkan kulit dan membuat kulit tampak kencang. Selain itu, telur termasuk bahan alami yang paling mudah ditemukan. Caranya: Bersihkan kulit dengan air hangat, sediakan 1 butir telur (usahakan ayam kampung ya...) pisahkan putih telur dari kuning telur, oleskan putih telur pada area kulit wajah diamkan selama kurang lebih 15-30 menit / hingga mengering, kemudian bersihkan dengan air dingin.

Cara memutihkan wajah dengan menggunakan lobak
Lobak dapat dengan mudah ditemukan, khususnya di Indonesia. Selama ini kita hanya mengenal lobak hanya untuk dimakan saja. Padahal lobak juga bisa kita gunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Bagaimana caranya? yaitu dengan menjadikannya sebagai masker alami. Cara yaitu dengan mencampurkan lobak dengan beberapa bahan alami seperti minyak zaitun dan jeruk lemon. Caranya : Ambil 1 batang lobak, Cuci dan kupas kulitnya, Haluskan dengan blender / diparut, Campurkan dengan 1-2 sdm minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon, Oleskan pada bagian kulit wajah hingga merata, Diamkan selama 15 - 30 menit /sampai mengering kemudian Basuh dengan air dingin hingga bersih.

Oke, berakhir sudah artikel mengenai Cara memutihkan wajah dengan alami, demikian beberapa tips yang bisa saya rangkum dari beberapa bahan bacaan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment