Cara dapatkan uang dari internet dengan jual foto dan desain



Bagaimana sih cara menghasilkan uang dengan menjual karya kita, baik itu foto, desain maupun video? yaps tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mendapatkan uang dengan menjual karya kita.


Dengan semakin bertambahnya usia dunia ini perkembangan teknologi semakin maju, internet yang sudah tersebar ke plosok dunia membuat orang-orang berpikir bagaimana cara menghasilkan uang dengan lebih mudah dan praktis tanpa harus menguras banyak tenaga,

Untuk cara yang satu ini sebaiknya kamu jangan berharap instan, karena kamu akan memiliki saingan ratusan, ribuan atau bahkan jutaan. tapi percayalah bahwa hasil tak akan menghianati prosesnya.

Penghasilan melalui menjual foto, desain atau video cukup besar, karena karya yang kita upload bukan hanya untuk sekali jual akan tetapi berkali- kali. bahasa kerennya adalah pasive income atau sederhananya dengan kerja sekali kita akan digaji berkali-kali, kita akan tetap mendapatkan gaji meski suatu saat kita sudah tidak bisa bekerja.

Untuk komisi yang akan kita dapatkan dari menjual karya adalah bervariasi sesuai ketentual dari tempat kita menjual karya kita tapi untuk kisarannya yaitu 25- 30 persen dari harga jual. selain itu karya yang kita upload bisa diupload di situs atau mikrostock lain (selama kita tidak eksclusive di satu situs).

Berikut adalah situs (mikrosttock) untuk menjual karya kita:


1. Shutterstock

Siapa sih yang belum pernah mendengar Shutterstock.com? Shutterstock.com merupakan situs populer yang kerap dijadikan pilihan utama sebagai sarana untuk mencari uang tambahan dari hasil jepretan.
Situs ini menawarkan komisi  sebesar 20% hingga 30% dari harga penjualan foto yang kalian unggah. Tetapi skema pendapatan berbeda-beda, misalnya langganan harian, on demand, dan enhanced license.

Shutterstock adalah Microstock Website terpopuler sekarang ini. Sejak didirikan oleh Jon Oringer (http://jonoringer.com/) pada tahun 2003 di New York City , Shutterstock telah merajai pasar penyedia terkemuka gambar digital berlisensi  atau Microstock yang beroperasi di lebih dari 150 negara dengan 20 bahasa . Misi Shutterstock adalah untuk menghubungkan para profesional yang bergerak di bisnis kreatif dengan fotografer terbaik , vector maker , ilustrasi dan video dari ribuan kontributor di seluruh belahan dunia. 

Dibanding dengan Microstock website lainnya, Shutterstock menempati urutan pertama jumlah earning terbesar berdasarkan release Microstockgroup.com. Microstockgroup sendiri adalah forum bagi Microstocker untuk saling berbagi info seputar Microstock.
Jika kamu berminat mendaftar langsung saja kunjungi Shutterstock
Dreamstime adalah salah satu perusahaan dunia dalam stok foto yang memasok foto yang berkualitas tinggi sejak online di tahun 2000. Selama kurang lebih 17 tahun sampai sekarang, anggota dreamstime yang terdaftar sekitar 16juta orang, kontributor foto lebih dari 300rb orang dan sudah memiliki stok foto sebesar 54jt mulai dari foto, vector, ilustrasi, clip art. Rata-rata pengunjung harian situs ini adalah hampir 600rb orang. Komisi di situs ini berkisaran antara 25% sampai 60% untuk setiap foto yang terjual.
Jika kamu berminat mendaftar langsung saja kunjungi Dreamstime

3. Depositphotos
Jika dibandingkan dengan Sutterstock ataupun dreamstime situs ini masih tergolong sepi. namun untuk pendapatan perdownload sendiri hampir sama dengan 2 situs unggulan di atas, daripada nganggur apa salahnya mencoba kan..
 untuk canstockphoto sendiri hampir sama dengan depositphotos yakni untuk urusan lalu lintas situs ini tergolong sepi pengunjung.

5. Pngtree  
berbeda dengan situs situs sebelumnya di Pngtree kita tidak bisa menjual atau membeli foto, yang bisa kita jual/beli di situs ini hanyalah desain dan untuk formatnya adalah, Ai, EPS dan juga PSD, namun untuk urusan pengunjung situs ini memeiliki lalu lintas ang cukup tinggi tidak kalah dengan situs unggulan seperti sutterstock, kekurangannya adalah pendapatan tiap downloadnya sangat kecil yaitu 0,015 dolar tiap downloadnya.

Selain 5 situs di atas sebenarnya masih ada beberapa situs lagi yang patut dicoba, berikut adalah daftar situsnya:

6. Adobe Stock

7. VectorStock 

8. 123rf 

9. Pon5

Nah, demikian adalah bagaimana cara mendapatkan uang dengan menjual karya beserta situs microstock rekomendasi dari saya. semoga membantu

jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Sangat bagus penjelasannya,namun perlu ditbahkan cara untuk jual karya tadi kemana saja, trima kasih...

    ReplyDelete