Cara memanjangkan dan merapikan rambut menggunakan photoshop




Cara memanjangkan dan merapikan rambut menggunakan photoshop – bagaimana cara memanjangkan atau merapikan rambut di foto? Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara memanjangkan dan merapikan rambut di foto menggunakan aplikasi adobe photoshop.
Baca Juga:
Cara menukar wajah di foto menggunakan photoshop  


Tidak jarang kita temukan orang yang kurang puas melihat rambutnya di foto, baik yang menginginkan rambutnya kurang panjang maupun kurang rapi karena beberapa alasan. Saya biasanya menggunakan cara ini karena memang saya tidak terlalu hobby tampil di kamera, sehingga satu foto saya pergunakan di beberapa kondisi dengan cara mengeditnya terlebih dahulu, contohnya foto asli saya rambutnya kurang rapi, kemudian saya edit agar lebih rapi karena saya sedang butuh foto untuk situasi formal yang memerlukan foto yang formal pula.
Sebelum kita mulai tutorialnya, saya beritahukan terlebih dahulu bahwa saya di sini menggunakan aplikasi adobe photoshop CS3, tapi harap tenang jika aplikasi adobe photoshop anda beda versi dengan yang saya pakai, karena baik tool ataupun fungsinya tidak jauh berbedah, sehingga tutorial ini masih sangat bisa anda pakai.
Catatan penting bahwa untuk hasil yang maksimal ada baiknya anda menggunakan foto yang resolusinya tinggi (tidak pecah ketika diperbesar).
Oke, langsung saja kita mulai tutorial memanjangkan dan merapikan rambut menggunakan adobe photoshop.
Langkah pertama   
Buka aplikasi adobe photoshopnya kemudian buka foto yang akan diedit dengan cara klik File>open, atau bisa langsung menekan ctrl+o pada keyboard PC.




Di sini saya menggunakan foto saya sendiri yang diambil sekitar satu bulan yang lalu dengan menggunakan kamera DXLR (sudah lupa merk dan tipe kameranya hehe..)


Langkah kedua
Lakukan seleksi hanya pada rambutnya saja. Jika dalam postingan sebelumya yaitu cara menukar wajah di foto menggunakan photoshop saya menggunakan Polygonal Lasso Tool, maka untuk tutorial ini saya menggunakan Magnetic Lasso Tool.


Untuk hasil seleksinya seperti gambar di bawah ini:




Langkah ketiga
Copy Layer, yaitu dengan cara klik kanan pada rambut yang telah diseleksi kemudian pilih Layer Via Copy. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:




Langkah keempat
Memanjangkan dan merapikan rambut, ini adalah langkah inti dari tutorial ini, langsung saja klik Smudge Tool.




Dan untuk brush silahkan gunakan yang bukan lingkanran penuh (brus titik-titik), seperti pada gambar di bawah ini.
  




Gunakan yang ada nomor 39 ( yang ada dalam kotak hitam), kemudian atur master diameternya sampai 3 px, jika sudah langsung saja kita brush rambut kita (jika ingin memanjangkan maka brush diarahkan keluar dan jika ingin merapikan saja arahkan brush ke arah mana kita ingin merapikan rambut.
Jika langkah ini sudah selesai maka bisa dilihat hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:




Langkah kelima
Simpan gambar tersebut, dengan cara klik File > Save As dan pilih format JPG atau PNG untuk menyimpannya.
Bagaimana, mudah bukan?
Demikian tutorial cara memanjangkan dan merapikan rambut menggunakan Photoshop, semoga bisa bermanfaat.
dan atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

8 comments:

  1. waah ilmu baru nih gan :D jdi ga ush ke salon ya hihi :D

    ReplyDelete
  2. wkwk,,, bagus gan.. thanks infonya

    ReplyDelete
  3. bisa dicobak nih tutornya thanks gan

    ReplyDelete
  4. wahh mayan nih, tapi mesti ada rambutnya dulu ya. kalo cepak gabisa hahaha

    ReplyDelete
  5. jadi nggak perlu manjangin rambut lagi kalo buat foto hehe

    ReplyDelete